LDII SIDOARJO | Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, SH, M.Hum mengajak seluruh masyarakat Sidoarjo untuk mencintai budaya bangsa Indonesia. 

Hal ini disampaikannya saat membuka pergelaran wayang kulit purwa dalam rangka Hari Jadi ke-160 Kabupaten Sidoarjo di Pendapa Delta Wibawa Sidoarjo, Jum'at malam (22/2/2019).

"Pergelaran wayang kulit ini sebagai upaya melestarikan budaya Indonesia. Supaya kita semua mencintai budaya Indonesia yang sangat beragam,"katanya.

Menurutnya, kegiatan ini juga bisa merekatkan hubungan antarwarga masyarakat agar bisa mencintai budaya nenek moyang yang adiluhung (bernilai tinggi). Khususnya sebagai pemersatu bangsa.

"Jadi selain untuk menghibur masyarakat, pergelaran wayang ini, supaya bisa mencintai budaya bangsa sendiri di tengah-tengah masuknya budaya asing,"ujarnya.

Bupati Saiful Ilah berharap, dengan pergelaran wayang kulit purwa yang mengambil lakon "Wahyu Katentreman", Kabupaten Sidoarjo bisa selalu tenteram. Apalagi menjelang Pemilu. Ada pileg dan pilpres.

Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifudin, SH, Forkopimda, para undangan, serta warga masyarakat. Dari DPD LDII Kabupaten Sidoarjo diwakili oleh Ketua Bagian KIM, Drs. Koesmoko.

Tampak ribuan warga masyarakat Sidoarjo dengan antusias menonton pergelaran wayang kulit purwa tersebut. Hingga meluber sampai di alun-alun, tempat bazar dan pameran UMKM se-Kabupaten Sidoarjo.

Acara diawali dengan penampilan 2 orang dalang cilik Sidoarjo, yaitu: Ki Dimika (dari Desa Magersari, Kecamatan Sidoarjo) dan Ki Danes (dari Ddsa Keret, Kecamatan Krembung). Keduanya menampilkan wayang Jawatimuran.

Ketua KIM DPD LDII Sidoarjo, Drs. Koesmoko
Disusul dengan penampilan Tari Remo kreasi karya seniman dari Desa Banjarkemantren, Kecamatan Buduran, sebagai pembuka acara sekaligus menyambut kedatangan para tamu. Dibawakan oleh para penari dari Sanggar Tari Kreasi Dancer Sidoarjo.

Setelah doa dan sambutan Bupati Sidoarjo, dilakukan penyerahan tokoh wayang Semar dari Bupati Saiful Ilah kepada dalang Ki H. Anom Suroto dan Ki Bayu Aji. Pergelaran wayang kulit tersebut dimeriahkan oleh bintang tamu: pelawak Tawar dan pesinden Nyi Wiwit.

"Semoga semuanya baik-baik saja. Aman dan sukses. Saya juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat Sidoarjo. Terutama semua pihak yang mencintai seni budaya bangsa,"tambahnya. (naskah: koes/foto: wawan)

Posting Komentar