LDII SIDOARJO -  Pengurus Wanita LDII Sidoarjo, Hayani, S.Psi, M.Psi terpilih sebagai peserta terbaik Pelatihan Mediasi Kerukunan Umat   Beragama yang diikuti oleh para anggota FKUB Sidoarjo di Hotel Aston Sidoarjo.

Setelah 30 peserta anggota FKUB Sidoarjo mengikuti pelatihan mediasi kerukunan umat beragama selama 5 hari, tepatnya tanggal 23-27 Januari 2023, Hayani, S.Psi., M.Psi, salah satu peserta terbaik mengaku ingin memanfaatkan ilmunya, berbagi sesama yang lain.

Menurut Dosen Fakultas Psikologi Universitas 45 Surabaya ini, semua ilmu terkait proses mediasi diajarkan dalam pelatihan tersebut. Karena pemateri yang dihadirkan juga sangat mumpuni di bidangnya, yakni dari PMN (Pusat Mediasi Nasional) dengan penyelenggara PUSAD Universitas Paramadina Jakarta.


“Jadi, mulai dari tahapan mediasi, ketrampilan kita sebagai mediator, bagaimana menganalisa konflik, bagaimana melihat kesepahaman antara pihak. Juga melihat apa rumusan masalahnya sampai pada tercapai kesepakatan bersama antara pihak,” ungkap Pengurus Wanita LDII Sidoarjo, pada Sabtu (28/1/2023) tadi pagi.

“Sehingga sangat bermanfaat sekali, manfaat untuk kehidupan keluarga kita sendiri, kehidupan bermasyarakat, juga sangat dibutuhkan dalam peran kita sebagai pengurus FKUB untuk menjaga kerukunan umat beragama. Oleh karena itu, ilmu ini nantinya juga akan kita bagi sesama supaya lebih banyak orang paham ilmu cara mediasi,” inginnya Bu Hayani, sapaan akrabnya.

Lanjutnya, ini pengalaman pertama ikut pelatihan mediasi, juga tidak menyangka bisa menjadi yang terbaik. “Yang penting kita jalani saja proses pelatihannya. Tips saya, Pertama niat karena Alloh menambah ilmu untuk menambah manfaat diri. Kedua fokus mendengarkan penjelasan pemateri dan mencatat. Ketiga mengulang _roleplay_ di rumah, ini yang juga tak kalah pentingnya,” pungkasnya.***

Posting Komentar