LDII SIDOARJO I JAKARTA - Akhirnya, Ir. KH. Chriswanto Santoso, M.Sc terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPP LDII) masa bakti 2021-2026. 

Penetapan tersebut merupakan hasil Munas (Musyawarah Nasional) IX LDII yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Minhajurrasyidin Jakarta, tanggal 7 – 8 April 2021.

Chriswanto yang sebelumnya sebagai Pj (Penjabat) Ketua Umum merupakan calon tunggal. Mengerucutnya hanya satu nama ini berdasarkan penilaian seluruh utusan DPW yang menerima laporan pertanggungjawaban kepemimpinannya.

Argumentasi mayoritas DPW mendukung Ir. KH. Chriswanto Santoso, M.Sc adalah karena pengalaman panjang alumni Newcastle University tersebut dalam menakhodai LDII Jawa Timur sejak 1991.

Pak Chris, begitu panggilan akrabnya, dianggap memiliki integritas moral yang baik serta mampu membangun komunikasi dan jejaring yang luas dengan berbagai elemen bangsa.

Hanya saja, para perwakilan DPW meminta apabila Pak Chris nantinya terpilih agar bersedia dengan sukarela mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur dan dari proses PAW sebagai Anggota DPRD Jawa Timur.

Permintaan tersebut dengan argumentasi supaya LDII tetap berada dalam posisi netral aktif dalam kegiatan politik praktis dan selaku ketua umum bisa lebih berkonsentrasi dalam menggerakkan roda organisasi dengan baik dan benar.

Saat verifikasi calon dalam sidang pemilihan ketua umum, Pak Chris membenarkan bahwa dirinya adalah pengurus parpol dan calon Anggota DPRD hasil PAW. Kemudian dengan tegas dia menyampaikan akan mengundurkan diri dari kedua posisi tersebut. 

"Oleh karena rekomendasi dari peserta, saya akan segera mengundurkan diri dari jabatan di Partai Golkar dan dari proses PAW DPRD Jawa Timur”, tegasnya.

Dengan lolosnya verifikasi tersebut, maka pimpinan Munas pun menetapkan mantan Ketua DPW LDII Jawa Timur itu sebagai Ketua Umum DPP LDII Terpilih untuk lima tahun ke depan.

(KIM DPD LDII Kab. Sidoarjo)

Posting Komentar