LDII SIDOARJO - Untuk mendorong peningkatan peran para da'i dan khatib, para pengurus DPD LDII Kabupaten Sidoarjo menghadiri kegiatan Silaturahmi Dai-Khatib dalam rangka Penguatan Islam Wasathiyah untuk Indonesia Damai, Sabtu (17/9).

Silaturahmi yang dihadiri sekitar 100 orang da’i dan khatib se-Kabupaten Sidoarjo ini, juga dihadiri oleh oleh Bupati Sidoarjo, H. Ahmad Muhdlor Ali, S.IP,  perwakilan pengurus beberapa ormas Islam, termasuk LDII, Ketua MUI Kabupaten Sidoarjo KH Ahmad Muhammad, Kapolresta Sidoarjo, Dandim 0816 Sidoarjo, Kasi Bimas Islam Dr. Abdul Rahman, serta penyuluh agama Islam dari instansi negeri dan swasta.

Kegiatan silaturahmi seperti ini terus intens dilaksanakan oleh Direktorat Pencegahan Densus 88 Antiteror Mabes Polri, AKBP Muhammad Dofiri yang bekerjasama dengan Kementerian Agama di masing-masing Kabupaten/Kota.


AKBP Muhammad Dofiri dalam sambutannya mengatakan, radikalisme merupakan lahan subur untuk berkembangnya kejahatan terorisme dan termasuk salah satu indikator yang menjadi bibit radikalisme, yaitu intoleransi. “Sikap intoleransi termasuk bentuk pengingkaran terhadap kebhinnekaan dan bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila maupun norma-norma agama yang beradab,” tegasnya.


Ia menuturkan, upaya dalam mencegah radikalisme secara mandiri bisa dilakukan dengan menanamkan jiwa nasionalisme dan toleransi. “Salah satu hal yang mendasar untuk memerangi terorisme dan radikalisme adalah mengembangkan sikap toleransi dan menanamkan nilai luhur ideologi Pancasila,” imbuhnya.

Bagi Densus 88 Antiteror Mabes Polri, kegiatan ini dinilai sangat strategis karena para tokoh agamalah yang terjun langsung di masyarakat untuk cegah paham intoleran dan radikal.

Sementara itu, Ketua DPD LDIK Kabupaten Sidoarjo, KH Mohammad Fauzan menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut. "Kami sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. LDII ikut mendukung segala upaya untuk menegakkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Demi persatuan dan kesatuan bangsa," katanya.

 _(Amar, ICT Kabupaten Sidoarjo)_

Posting Komentar