LDII SIDOARJO - DPD LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) Kabupaten Sidoarjo mendapat bantuan dari Dinas Kesehatan Pemkab Sidoarjo berupa vaksinasi massal Covid-19 di halaman Ponpes Al-Barokah Sruni, Gedangan, Sidoarjo, Sabtu (19/6). 

Ketua DPD LDII Kabupaten Sidoarjo, H. Mohammad Fauzan, S.Pd mengatakan, vaksinasi massal ini digelar sebagai bentuk dukungan dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Ia menegaskan bahwa pemerintah selama ini sangat baik dalam memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19, termasuk Pemkab Sidoarjo memberikan bantuan jatah 300 vaksin Sinovac untuk warga, santri pondok, dan pengurus LDII di Sidoarjo. 
"Kami berterima kasih kepada pemerintah yang sudah bersungguh-sungguh dalam membatasi penyebaran Covid-19 ini," ujarnya, didampingi Sekretaris DPD LDII Kabupaten Sidoarjo, H. Hariman Dana Sasmita, S.T.

Sebagai tindak lanjut dari instruksi DPP LDII bahwa setiap Kabupaten/Kota agar membentuk Satgas Covid-19, LDII Sidoarjo membentuk tim Satgas Covid-19 yang bertugas mengawasi pelaksanaan prokes (protokol kesehatan), terutama dalam praktik pelaksanaan 5 M (memakai masker, menjaga jarak aman, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau memakai hand sanitizer, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilisasi).

 “LDII Sidoarjo telah membentuk Satgas Covid-19 sebagai wujud kepedulian LDII terhadap bangsa dalam membantu penanggulangan wabah ini, dan juga dalam pengajian kami selain materi keagamaan juga diberikan bekal materi tentang kesehatan selama pandemi.  Bagaimana kami mengingat-ingatkan bagi mereka yang lupa, menegur bagi yang tidak menjalankan 5M, dan tentu akan membantu jika ada jamaah yang terindikasi Covid-19, termasuk membantu logistik jika ada jamaah yang dikarantina, terutama karantina mandiri,"imbuh Fauzan.

Ia juga berharap dengan kegiatan vaksinasi ini bisa membantu menghentikan penyebaran Covid-19. 

"Vaksinasi ini sebagai bentuk ikhtiar kita sebagai umat beragama, dalam menghadapi suatu masalah termasuk pandemi covid-19 ini," tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, dr. Atho' Illah turut mengapresiasi langkah yang dilakukan DPD LDII Kabupaten Sidoarjo.

"Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Sidoarjo menargetkan 8000-9000 jatah vaksin per harinya, termasuk di Desa Sruni yang bekerjasama dengan DPD LDII Sidoarjo, Puskesmas Gedangan, dan Puskesmas Ganting. Dan, tentunya kami sangat berterima kasih kepada LDII Sidoarjo yang sudah membantu memfasilitasi kegiatan ini,"ucapnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat Sidoarjo agar bersama-sama menyukseskan vaksinasi di Kabupaten Sidoarjo, sehingga jika sudah banyak masyarakat yang tervaksin, paling tidak 70%-nya, maka mata rantai penularan wabah ini bisa kita putus,"katanya.
 _(Cakra/Tim ICT Kabupaten Sidoarjo)_

Posting Komentar