LDII SIDOARJO - Manusia adalah ciptaan Allah SWT yang paling sempurna di antara makhluk ciptaan-Nya yang lain. Namun, terkadang manusia merasa tidak sempurna, karena kekurangan yang dimilikinya. Sehingga menghambat dirinya untuk mencapai sebuah kesuksesan. Padahal, di dalam kekurangan manusia itu juga terdapat suatu kelebihan. Sama halnya seperti uang koin yang memiliki dua sisi. Yang mana hal itu sudah melekat dan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Kekurangan dan kelebihan itulah merupakan wujud anugerah yang Allah SWT berikan kepada setiap manusia. 

Sebagai manusia terkadang kita merasa iri terhadap kelebihan yang dimiliki oleh orang lain. “Kok dia pinter sih, kenapa aku tidak?” , “Kok dia sukses, kenapa aku tidak bisa?”
Allah SWT telah menjelaskan dalam Quran Surat At-Tin ayat 4 :
لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ        
Artinya :
“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.”

Kalaupun ada seseorang yang diciptakan dengan berbagai macam kekurangan yang dimiliki, itu bukanlah suatu hal yang bisa dikatakan bahwa Allah SWT itu tidak adil. Allah telah memberikan karunia kepada manusia sesuai porsinya masing-masing, tanpa kita disadari. 

Tidak jarang kita sering mendengar beberapa orang membandingkan diri mereka dengan kelebihan yang dimiliki orang lain. Semisal kecerdasan seseorang, padahal kecerdasan seseorang tidak melulu adalah seorang scientist, profesor, doktor, atau insinyur. Di balik kecerdasan terdapat minat dan bakat yang dimiliki setiap orang dan masing-masing individu memiliki perbedaan tidak dapat disama ratakan. 

So, Kenapa harus minder ? Karena di balik kekurangan pasti ada kelebihan seperti perumpaan sisi mata uang koin tadi. Mungkin jika si A tidak pandai di bagian akademis, namun sebenarnya dia pandai di bidang non akademis seperti halnya beberapa tokoh-tokoh yang di bawah ini yang memiliki kesamaan nama yaitu “Rudy” .
 
Apakah kalian mengenal salah satu tokoh atau lebih dari gambar di atas ? Sebut saja Rudy Hadisuwarno, dia adalah seorang penata rambut professional namanya sudah tidak asing lagi di berbagai hair staylist di seluruh indonesia bahkan mendapat pengakuan internasional di tahun 1977 sebagai anggota Intercoiffure Mondial yang berpusat di Paris. 

Selanjutnya, dia adalah seorang mantan atlit bulu tangkis yang bernama Rudy Hartono Kurniawan. Atlet kelahiran Surabaya ini pernah memenangkan kejuaraan dunia pada tahun 1980, menjadi jawara untuk kali pertama pada tahun 1976 dan prestasi yang paling legendaris adalah meraih 8 kali gelar All England dalam dua dekade sejak tahun 1968. Sang ibu sangat menginginkan dia menjadi dokter. Kemudian dia mendaftar kuliah di Universitas Airlangga jurusan Kedokteran, ternyata dia lolos. Namun pada akhirnya dia memilih untuk menjadi atlet sesuai dengan passion dan bakatnya. 

Tokoh yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi karna telah muncul di berbagai layar kaca pertelevisian masak-memasak. Dia adalah Rudy Choirudin, seorang ahli boga atau koki. Namanya dikenal sejak mengisi acara di Selera Nusantara dan Resep Oke Rudy, saat itulah namanya menjadi terkenal dengan ahli masakan. Sebelumnya dia juga pernah menjabat sebagai Manager di sebuah restoran dan menjadi Staff Pengajar di Lembaga Kuliner Indonesia. 

Melihat Rudy – Rudy yang telah dijelaskan bahwa setiap manusia memiliki kelebihan masing-masing yang tidak bisa disama ratakan. Kelebihan yang mereka miliki bukanlah suatu kecerdasan secara inteligen melainkan bakat serta passion yang tinggi untuk menggelutinya, sehingga dengan bermodalkan usaha dan niat yang kuat mereka dapat mencapai kesuksesan. Mereka pun juga memiliki kekurangan yang tidak banyak orang mengetahuinya. Dengan kelebihan dan kekurangan itu lah mereka dapat menemukan jalan kesuksesannya masing-masing.

Satu lagi tokoh yang terkenal dengan kecerdasan yang dimilikinya ialah Presiden ketiga Republik Indonesia Prof.Dr.Ing.H. Bachruddin Jusuf Habibie, FREng yang kerap disapa Rudy oleh keluarga dan teman-temannya. Memiliki sederet prestasi yang ditorehkan membawa namanya dikenal hingga mancanegara. Salah satu prestasinya ialah menciptakan pesawat yang diberi nama N-250 Gatotkaca. Pesawat ini terbang perdana pada 10 Agusus 1995. 

Masih banyak lagi tokoh Rudy yang memiliki kesamaan nama, namun memiliki kelebihan yang berbeda. Tidak hanya melalui kecerdasan namun bakat-bakat yang dimilikinya. Ini hanyalah sebagian kecil dari ilustrasi yang digambarkan bahwasanya manusia itu memiliki kekurangan yang diimbangi dengan kelebihan.  Telah dijelaskan di dalam Quran Surat Al-Israa’ ayat 70 :
لَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَىٰ كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا

Artinya :
“Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.”

Kesimpulan dari artikel ini ialah sebagai umat manusia kita harus selalu bersyukur atas segala karunia dan hidayah yang telah diberikan oleh Allah SWT untuk kita. Karena sejatinya Allah SWT menciptakan kelebihan dan kekurangan manusia sesuai porsi masing-masing, dan sudah sebaiknya kita menyadari serta mulai bermuhasabah diri. 

Sedikit quotes sebagai penutup dari seorang pengusaha dan motivator ternama. “Di saat hidup memberi rasa kekurangan di situlah arti kesederhanaan diajarkan dan di saat hidup memberikan kelebihan di situlah rasa syukur diingatkan.” -Merry Riana- (Septin F.)

Posting Komentar