LDII SIDOARJO - PAC LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) Medaeng menggelar Seminar Digital Parenting Skills, bertema "Cerdas Mengelola Gadget pada Anak" di Masjid Baiturrahman, Desa Medaeng Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Senin (19/6/2023). 

Peserta seminar digital kali ini adalah ibu-ibu dan remaja putri se-PAC LDII Medaeng. Dengan narasumber psikolog Sovia Sahid. 

Sovia menyampaikan tentang pentingnya Digital Parenting Skills bagi orang tua. Mengingat semakin pesatnya perkembangan teknologi zaman sekarang.

Dia mengingatkan pentingnya koneksi dari hati ke hati antara orang tua dan anak, agar tidak ada jarak. "Orang tua sekarang juga harus tahu isi HP anaknya, sandinya apa, instagramnya apa, kalau tidak ya bahaya," ujarnya.

Sovia juga menambahkan, orang tua tidak bisa mengisolasi anak dari gadget, namun bisa membantu anak mengelola gadget. Intinya ada 3A, yaitu: aturan, arahkan, aktivitas. 

"Anak dan ibu harus dipertemukan agar punya aturan yang sudah disepakati, sehingga bisa terarahkan,"ujar Sovia.

Menurutnya, anak dan ibu harus bisa menemukan metode yang pas dan sesuai kesepakatan agar merasa nyaman dalam berdiskusi.

Sovia juga menyampaikan para orang tua terutama ibu harus bisa mengarahkan anaknya agar anak mandiri, serta menghindari efek negatif gadget. "Saat ini banyak anak-anak kreatif yang bisa menghasilkan uang dari HP,"imbuhnya.

Sovia berharap dengan adanya seminar ini, komunikasi antara anak dan ibu lebih dekat, sehingga orang tua dapat mengarahkan anaknya untuk hal yang bermanfaat. 

Sementara itu, Ketua PAC LDII Medaeng Rusdi Faisal menyampaikan alasan memilih tema ini agar orang tua bisa mengontrol anak-anaknya dalam media sosial. "Orang tua juga perlu mendapatkan wawasan tentang digital parenting supaya bisa mengontrol anak-anaknya,"ujarnya.

Rusdi juga menambahkan bahwa pembinaan remaja putri dan ibu-ibu di PAC LDII Medaeng sudah terlaksana setiap bulan dengan mengadakan pengajian, pelatihan memasak, serta parenting skills. 

Dengan adanya kegiatan ini, Rusdi Faisal berharap ibu-ibu dan remaja putri PAC LDII Medaeng lebih bijak dalam menggunakan media sosial, serta hubungan orang tua dan anak semakin erat.

(ICT KIM LDII Sidoarjo)

Posting Komentar