SIDOARJO - Perguruan Silat Nasional (Persinas) ASAD Kabupaten Sidoarjo kembali menorehkan prestasi. Kali ini, meraih Juara Umum II dalam gelaran Porkab (Pekan lahraga Kabupaten) Sidoarjo yang digelar oleh Ikatan Perguruan Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Sidoarjo di GOR Serbaguna, Sidoarjo, tanggal 15 - 17 Oktober 2021.
Persinas ASAD keluar sebagai Juara Umum II setelah meraih 3 medali emas dan 3 medali perak dan 1 medali perunggu. Prestasi itu diraih para pesilat Persinas ASAD dengan penuh daya upaya, melalui berbagai macam latihan yang rutin, serta doa dan kekompakan tim. 

Medali emas diperoleh di beberapa kelas. Yakni di kelas A atas nama Devano Iqbal, kelas D atas nama Naufal, dan kelas H atas nama Adam. Sedangkan untuk medali perak diperoleh di kelas B atas nama Thoriq, kelas seni tunggal atas nama Ilham, dan kelas Seni Ganda atas nama Avin dan Bastian. Sedangkan medali perunggu di peroleh pada kategori tanding kelas E atas nama Krisna.
Dalam sambutannya, Ketua IPSI Sidoarjo, Yudhi Triawan menyampaikan bahwa suksesnya acara Porkab yang pertama ini tidak lepas dari peran panitia dan juri yang jujur dan amanah. “Semoga kejuaraan ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya dan atlet-atlet dari Sidoarjo menjadi atlet kiriman untuk mewakili Kontingen Jawa Timur di PON (Pekan Olahraga Nasional). Kejuaraan ini juga diharapkan dapat memotivasi perguruan atau atlet untuk terus berlatih dengan giat. Karena tidak ada prestasi yang gemilang tanpa dibarengi dengan latihan secara giat atau tekun,” tandasnya.

Yudhi juga menyampaikan pihaknya bekerja sama dengan sekolah favorit agar nantinya hasil dari kemenangan tersebut dapat digunakan untuk mendaftar di sekolah favorit lewat jalur prestasi. Kepada para atlet yang saat ini belum meraih hasil maksimal, Yudhi turut memberikan apresiasi. Sebab, kerja keras dan keikutsertaan dalam penjaringan bibit atlet silat Sidoarjo yang akan membesarkan nama daerah ke depannya. 

Dalam wawancara, Ketua Persinas ASAD Sidoarjo, H. Wiyono, M.Sc menyampaikan kemenangan ini merupakan prestasi yang luar biasa untuk atlet muda Persinas ASAD. “Alhamdulillah, atlet Persinas ASAD berhasil meraih hasil yang maksimal, semoga ke depan kami dapat merebut juara pertama,”imbuh Wiyono. 

“Disamping menjadi juara umum, salah satu pesilat Persinas ASAD atas nama Defano Thoriq meraih predikat pesilat terbaik dari wasit dan juri, semoga raihan tersebut dapat menjadi motivasi buat atlet-atlet Persinas ASAD lainnya dan dapat di pertahankan pada turnamen berikutnya,” tambah Wiyono.

Dalam ajang Porkab ini, perguruan Silat Pagar Nusa menjadi Juara Umum I setelah memperoleh 8 emas, 3 perak dan 2 perunggu. Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) meraih Juara Umum III, dengan 2 emas, 3 perak dan 5 perunggu. 
(Cakra Sadida-ICT DPD LDII Kab. Sidoarjo)

Posting Komentar