LDII SIDOARJO - “Cahaya selalu indah bila dilihat sesuai suasananya”. Dengan ungkapan lain: “suasana tentukan keindahan cahaya”. Begitu mungkin yang bisa menjadi kiasan penting saat kita memandang sesuatu. Kamu tidak akan pernah berhenti, bukan untuk melihat atau menyimpulkan banyak hal di sekitarmu. 

Bahkan pada hari itu juga, kamu memutuskan untuk mengambil satu statemen tentang sesuatu. Bahkan, kamu pun tidak pernah peduli dengan suasana atau keadaannya.

Sejak kapan Allah SWT mengajari kita menjadi hamba seegois itu? Sejak kapan orang tua kita mengajari kita semua menjadi manusia yang sekeras itu? Bisa jadi saat kita melakukan itu semua malah mereka kecewa.

Yang kamu lihat belum tentu sesuai dengan apa yang sebenarnya dialami. Sangat wajib sebenarnya untuk diam sejenak, mulai menelusuri apa yang sebenarnya terjadi. Sebab, kamu paham kalau kamu nilai: ikan bisa memanjat pohon apa tidak ya? Jelas, sampai akhir zaman pun si ikan bakal menjadi hewan terbodoh.

Kenapa ? Sebab, kita menilai dari cara atau sudut pandang yang tidak tepat. 

Ayolah, hari ini kita mulai untuk melihat segala hal dengan kesesuaian keadaan. Sebab, apa yang kita sebut sebagai kesimpulan mungkin bagi mereka masih pada tahap pembahasan, atau bahkan masih pada tahap pendahuluan.

Mulailah berkawan dengan bijak. Jangan sampai belum tahu apa-apa sudah main injak-injak manusia baik bukan lagi berteriak, tapi berfikir dan menganalisa dengan hati yang enak. (ICT Sidoarjo Tengah)

Posting Komentar