LDII SIDOARJO - Sebanyak 12 ribu botol air mineral dibagikan untuk para peserta kegiatan Resepsi Puncak Acara Harlah 1 Abad NU (Nahdlatul Ulama) pada hari Selasa (7/2). Bantuan air mineral tersebut dibagikan oleh 150 relawan Pemuda LDII Jawa Timur yang disebar 5 titik di sepanjang jalan menuju Stadion Gelora Delta Sidoarjo, tempat berlangsungnya kegiatan. 

Kordinator Pemuda LDII Jatim, Yerik Sahuri mengatakan, bantuan tersebut merupakan bagian dari peran kecil LDII membantu suksesnya kegiatan Harlah 1 Abad NU. Menurutnya, bantuan itu juga wujud LDII mensyukuri terselenggaranya kegiatan akbar tersebut.

"Karena kegiatan ini skalanya nasional, tentu dari Pemuda LDII Jatim bergerak membantu kegiatan ini dengan menyalurkan air mineral. Selain itu, kami juga bergerak untuk memungut dan mengambil sampah di sepanjang jalan menuju tempat berlangsungnya kegiatan," ujar Yerik.

Menurut Yerik, kegiatan akbar NU ini menjadi kebanggaan Sidoarjo karena telah ditunjuk menjadi tuan rumah. Tidak hanya itu, hal ini menuntun agar Sidoarjo menempatkan diri sebagai tuan rumah yang baik dan ramah terhadap tamu.

Apalagi Sidoarjo menjadi tuan rumahnya, maka wujud kita sebagai warga Sidoarjo dan sekitarnya supaya ikut andil melancarkan kegiatan Harlah ini. Dan inilah momen terbaik kita untuk membantu saudara tua kita," jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPW LDII Jawa Timur KH Moch Amrodji Konawi mendampingi Yerik Sahuri  juga turut memantau kegiatan sosial Pemuda LDII Jatim di Sidoarjo. Amrodji Konawi mengatakan, NU selama 1 abad ini telah memberikan pengabdiannya kepada bangsa dan negara. Termasuk peran NU dalam membesarkan bangsa sejak sebelum kemerdekaan.

"Pengabdian NU terhadap bangsa dan negara sudah lama dimulai sejak sebelum kemerdekaan, pada saat kemerdekaan, dan bahkan sampai keluarnya resolusi jihad. Dan tentu pengabdian itu masih terus berjalan sampai sekarang di usia satu abad," kata KH Moch Amrodji Konawi.

Amrodji menambahkan, aksi solidaritas Pemuda LDII dalam kegiatan Harlah NU menjadi bukti wujud kebersamaan dan membangun ukhuwah antar sesama organisasi masyarakat berbasi keagamaan. 

"Ukhuwah harus tetap dibangun, tetap diperkuat. Apalagi tadi melihat ada teman-teman dari Muhammadiyah juga membantu suksesnya kegiatan ini. Dan yang paling penting, kami dari LDII akan mengambil hikmah besar dari Harlah 1 Abad ini, paling tidak sebagai relaksasi kita tentang peranan LDII kedepan bisa jalan bersama dengan NU," harapnya.

Aksi solidaritas dimulai dari sebelum Shubuh dan berakhir sekitar 11.00 karena ketersediaan air mineral sudah habis. Pemuda LDII Jatim juga membagikan 500 kotak nasi dan snack kepada para peserta Harlah 1 Abad NU di setiap titik sepanjang jalan menuju Stadion Gelora Delta.

Pada kesempatan itu, Ketua DPD LDII Kabupaten Sidoarjo Mohammad Fauzan menyampaikan Harlah 1 Abad NU ini menunjukkan bahwa ormas Islam di Sidoarjo guyup rukun kompak saling  membantu antar sesama baik NU, Muhammadiyah, maupun LDII. 

Selama acara, pihaknya bergabung dengan posko FKUB setempat dan membantu mengirimkan santri pondok untuk terlibat dalam acara Harlah di dalam stadion. Di luar stadion LDII Sidoarjo juga menyediakan ambulans beserta tim tenaga medis yang disiagakan untuk membantu warga NU. Tujuannya, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan akibat jemaah kelelahan.

Posting Komentar