LDII SIDOARJO -  DPD LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia)  Kabupaten Sidoarjo menyepakati Maklumat Bersama Pelaksanaan Ibadah di Bulan Ramadhan dalam masa penanganan wabah penyakit akibat Virus Corona Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Sidoarjo. Untuk mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Sidoarjo memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19. Di antaranya tentang protokol kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan ibadah sehari-hari.   

Dalam rangka mencermati perkembangan penyebaran Covid-19, saat ini di wilayah Sidoarjo yang semakin cepat, luas, dan masif, maka Pemerintah Sidoarjo bersama Forpimda Sidoarjo, Pimpinan MUI, Ormas-ormas Agama, FKUB, dan tokoh masyarakat Kabupaten Sidoarjo untuk kali kedua mengadakan rapat koordinasi di Ruang Transit Pendopo Delta Wibawa, Minggu (19/4/2020)

Dihadiri oleh Wakil Bupati/Plt Bupati Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH; Ketua DPRD Sidoarjo, H. Usman, M.Kes; Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Soemardji; Kajari Sidoarjo, Setiawan Budi Cahyono, SH, MHum; Dandim 0816/Sidoarjo, Letkol Inf Mohamad Iswan Nusi, SH; dan Plt Kepala Kemenag Kabupaten Sidoarjo, H. Moh. Arwani, M.Ag, M.HI.
Dari kalangan ulama/tokoh agama: DP MUI Sidoarjo, KH Moh. Salim Imron dan H. Imam Sa’duddin; PCNU Sidoarjo, KH Abdul Wachid Harun dan KH Maskhun, S.Ag, M.HI; PD Muhammadiyah Sidoarjo, KH Masyhud, SM; FKUB Sidoarjo, KH Kirom, S.PdI; Dewan Masjid Indonesia Sidoarjo, Drs. H. Abdul Wachid Dahlan, M.Ag; Badan Musyawarah Antar-Gereja, Lina Louise dan Ellen Pantaouw. Turut hadir Ketua DPD LDII Kabupaten Sidoarjo, Ir. H. Rony Romandhawira, MM dan Sekretaris DPD LDII Kabupaten Sidoarjo, H. Mohamad Fauzan, S.Pd, yang ikut menandatangani maklumat bersama.

Pertemuan itu diadakan agar masyarakat mendapatkan informasi yang jelas terkait dengan pelaksanaan kegiatan ibadah bulan Ramadhan selama masa pandemi Covid-19 tersebut. Mengingat, dampak penyebaran Covid-19 semakin meluas di seluruh penjuru tanah air, termasuk wilayah Kabupaten Sidoarjo. Rapat koordinasi tersebut menghasilkan maklumat. Keputusan bersama ini wajib dipatuhi oleh seluruh warga masyarakat di wilayah Kabupaten Sidoarjo, demi keselamatan bersama.

Sebelumnya, Ketua DPD LDII Kabupaten Sidoarjo, Ir. H. Rony Romandhawira, MM mengimbau kepada masyarakat pada umumnya dan warga LDII pada khususnya untuk melaksanakan SOP protokol kesehatan selama masa darurat pandemi Covid-19. Harus mengikuti petunjuk pemerintah, berupa jaga jarak (social distancing, physichal distancing), jaga kebersihan, pakai masker, rajin cuci tangan, dan hand sanitizer.

“Selain itu, harus sabar dan terus tertib serta meningkatkan ibadah dan doa kepada Allah SWT di masjid atau di rumah masing-masing. Semoga Allah SWT segera mengangkat wabah Covid-19 ini dari bumi Indonesia dan seluruh dunia pada umumnya,”ujarnya.

Isi Maklumat Bersama

1. Terkait Pelaksanaan Shalat: 
a) Diimbau untuk tidak menyelenggarakan Shalat Jum’at di masjid yang memenuhi kriteria:
  • 1) lokasi masjid di tepi jalan raya yang jamaahnya heterogen/bukan murni warga setempat;
  • 2) masjid di wilayah dimana terdapat pasien positif Covid-19 dan atau PDP;
  • 3) pelaksanaan imbauan penghentian sesuai ketentuan poin 1) dan 2) dilaksanakan oleh Gugus Tugas Kabupaten, berkoordinasi dengan takmir/pengurus masjid dan tokoh Islam setempat.
b) Pelaksanaan shalat rawatib berjamaah dan pengajian rutin di masjid/mushala tetap dilaksanakan dengan memperhatikan protocol kesehatan.
c) Diimbau untuk tidak menyelenggarakan shalat tarawih berjamaah di masjid/mushala dengan kriteria sebagaimana dimaksud pada huruf a, diganti dengan pelaksanaan shalat tarawih di rumah masing-masing.
d) Pelaksanaan tadarus tetap dapat diselenggarakan dengan memperhatikan protokol kesehatan.
e) Diimbau untuk tidak menyelenggarakan buka puasa bersama.
 

2. Pelaksanaan ibadah non-Islam dilaksanakan di tempat-tempat ibadah sesuai dengan petunjuk/ surat edaran dari Sinode/ pengurus organisasi keagamaan masing-masing serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.
 

3. Maklumat ini berlaku sejak tanggal ditetapkan. Tertanggal 19 April 2020.

 (KIM DPD LDII Kabupaten Sidoarjo)




 

Posting Komentar