Jihan Darmaningtyas tunjukkan medali emas dan sertifikatnya.
LDII SIDOARJO – Jihan Darmaningtyas (16), pemudi LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) Kabupaten Sidoarjo sukses meraih gold medal (medali emas) dalam LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) AISEF (ASEAN Innovation Science and Entrepreneurship Fair) 2020 untuk kategori bidang entrepreneur (kewirausahaan). Sekaligus meraih special award (penghargaan khusus) dari IYSA (Indonesian Young Scientist Association). 

Semula, memang di luar dugaan. Jihan yang menjadi ketua riset berjudul “THOR (Teh Daun Kelor) Minuman Instan Sebagai Imunostimulan” bersama timnya, 5 orang siswa kelas XI IPA-1 MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Sidoarjo ini, tidak mengira jika karyanya bakal masuk final mewakili Indonesia untuk berkompetisi menghadapi peserta dari negara-negara se-ASEAN (Association of South East Asia Nations). “Alhamdulillah, berkat ikhtiar dan doa, Allah SWT memberikan yang terbaik,”katanya sesaat setelah menerima pengalungan medali emas dan sertifikat serta hadiah dari panitia di BG Junction Bubutan, Surabaya, Minggu (16/2/2020).

Remaja putri ini tidak menyangka bisa meraih 2 penghargaan sekaligus. Padahal, hasil karya para peserta dari negara-negara lain juga sangat bagus. “Jadi, teh daun kelor ini berkhasiat untuk kekebalan tubuh atau imun. Rasanya juga segar dan baunya sedap sekali,”ujar Jihan yang beralamat di Desa Karangbong, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.
Kemasan teh kelor produknya.

Jihan menjelaskan, pada hasil karya penelitiannya di kalangan masyarakat ditemukan banyak sekali penyakit ditimbulkan oleh kekurangan sistem imun yang sangat rendah. Oleh karena itu, diciptakan THOR atau minuman instan teh dari daun kelor. Yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imun seseorang. “Sehingga mereka yang telah mengonsumsi THOR ini diharapkan tidak terserang penyakit,”ujar pemudi yang pernah meraih Juara Lomba Bacaan Alquran, Makna, dan Keterangan Praremaja Kompass (Kompetisi Anak Sholih Sidoarjo) dan predikat 94 Karya Terbaik Lomba Penulisan Cerita Pendek Siswa SMP/MTs Tingkat Provinsi Jawa Timur ini.

Menurut hasil uji laboratorium yang dilakukan, THOR (Teh Daun Kelor) ternyata mengandung air, protein, sedikit karbohidrat, serat, sedikit gula, kalsium, vitamin C, dan sedikit lemak. Dengan warna, rasa, bau/aroma, dan tekstur yang khas/istimewa. “Saya juga sudah mengadakan MoU (Memorandum of Understanding) dengan toko herbal di Desa Dukuh, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo,”tambahnya. (koes)

Posting Komentar