LDII SIDOARJO - Pernah dengar istilah “Ikigai”? Ikigai merupakan konsep orang Jepang yang sudah mengakar dan membudaya. Jika diterjemahkan Ikigai merupakan pencarian diri seseorang akan makna hidup. Ikigai di beberapa sumber menyebutkan jika ini memengaruhi seseorang dalam menjalani hidup dan semangat dalam hidup. Yang nantinya dapat berdampak pada nilai seseorang dalam menjalani kehidupannya, hingga dapat bermakna untuk orang-orang atau lingkungan sekitarnya. 
 
Pasti sebelumnya kalian pernah melihat tentang budaya atau kebiasaan orang Jepang tentang kerja keras, disiplin, dan memiliki motivasi tinggi untuk menjalani hidupnya. Mungkin buat kalian yang pernah melihat film atau beberapa drama series di Jepang yang membahas tentang kehidupan orang Jepang yang teratur, bersih dan tekanan pekerjaan yang keras. Tekanan, peraturan, dan prinsip hidup seperti itulah yang membuat orang-orang di Jepang memiliki dedikasi atau keinginan hidup lebih tinggi. Motivasi terbesar dibalik tekanan tersebut biasa disebutnya sebagai Ikigai, yang membuat orang-orang Jepang selalu bertahan untuk hidup dan bangun pagi di setiap harinya.

Dalam Bahasa Jepang “iki” berarti Hidup, sedangkan “Gai” berarti Nilai. Maksud dalam kata Ikigai sebenarnya merupakan Nilai Hidup, atau makna hidup. Yang mana untuk mendapatkannya kita sebagai seorang individu tentunya perlu untuk menentukan tujuan hidup sambil menjalaninya.

Nah, untuk mencari tujuan hidup itu kadang kita sering bukan berprasangka dalam diri, “Sebenarnya apa yang aku jalani ini sudah benar nggak ya? Apa ini yang sebenarnya aku inginkan? Apa dengan ini aku bisa hidup mandiri? Apa melalui jalan ini aku bisa bermanfaat untuk orang lain?”. Kemungkinan saat itu kamu sedang berada dalam proses “menjalani hidup”. Konsep dasar tentang kehidupan, pekerjaan, percintaan, dll itu pasti akan selalu menampakkan dua sisi dalam prasangka kita, baik dan buruk, bahagia dan tidak. 

Konsep Ikigai ini sebenarnya di berbagai sumber merangkainya menjadi diagram matriks yang berisi 5 irisan.


1.    Passion
Banyak anak muda yang sering banget menggembar-gemborkan persoalan passion dalam apa yang akan atau sedang dilakukannya. Memang benar passion merupakan serangkaian kegiatan yang kita lakukan atas dasar “what you love” dan “what you’re good at” .  Banyak orang yang berupaya sekali untuk memenuhi aspek ini seperti menjalankan hobinya, bertindak berdasarkan apa yang dia cintai atau senang untuk lakukan. Tapi kadang kita juga lupa untuk refleksi dan koreksi, sebenarnya apa yang kita lakukan selama ini berdasarkan kecintaan kita itu memberikan kecukupan atau nggak sih secara finansial untuk kita? Atau mungkin sudah memberikan dampak yang besar nggak sih buat orang-orang sekitar kita? Nah ketika kita sudah mengkoreksi itu dan dari 2 pertanyaan tersebut jawabannya belum, berarti kita sebenarnya masih belum menemukan Ikigai yang selama ini kita cari, karena kita hanya melakukan hobi yang untuk menyenangkan diri kita sebagai individu.

2.    Profession
Profesi disini bisa disebut sebagai bidang apasih yang sedang kita geluti dan memberikan kita kehidupan. Balik lagi pada “what you’re good at”, berarti kita sedang menjalani sebuah profesi dimana kita handal dan memiliki kompetensi yang mumpuni disitu, yang nantinya bisa menghidupi kita. Profesi yang selama ini kita jalani sebenarnya apa sudah sesuai dengan passion kita nggak sih? Ketika selama ini menjalankan profesi dan professional di bidang tertentu, namun kita masih belum bisa mengklaim bila bidang tersebut yang kita jalani merupakan  passion kita. Dalam proses ini maka kita dalam tahapan hanya memenuhi kebutuhan hidup & hidup mandiri untuk diri kita secara pribadi dengan menjalaninya diluar passion kita.

3.    Vocation
Ketika kamu sedang melakukan suatu hal untuk kepentingan orang lain atau publik dengan keahlian yang kamu miliki, maka dapat disebut kamu memiliki nilai kebermanfaatan untuk orang lain. Ketika itu kamu sedang sibuk-sibuknya dengan pekerjaan, tiba-tiba ada seorang teman yang meminta bantuan mu untuk melakukan penggalangan dana atas korban bencana. Teman tersebut meminta tolong kepadamu atas dasar kompetensimu untuk menghimpun dana, bahkan karena relasi mu yang cukup luas, sehingga kegiatan donasi yang temanmu jalankan dengan bantuanmu berhasil menghimpun dana yang cukup besar, dan bisa mendonasikan sejumlah bantuan kepada korban-korban bencana yang membutuhkan, maka disitu kamu memiliki vocation atau dapat bermanfaat untuk orang lain.

4.    Mission
Misi adalah melakukan sesuatu hal sesuai kehendak dan berhasil dalam hal yang sudah kita jalani. Sebagai contoh kita seorang penulis, dimana kita memiliki goal set untuk merampungkan sebuah tulisan yang dimana tulisan tersebut dinantikan oleh penerbit dan pembaca. Ketika buku tersebut hadir di masyarakat dan terjual habis dalam beberapa copy maka kita bisa dikatakan berhasil menyelesaikan sebuah misi, yaitu menyenangkan pembaca dan menguntungkan penerbit.

5.    Ikigai
Ketika kamu sudah atau sedang melakukan sesuatu yang mana apa yang sedang kamu kerjakan ini memenuhi irisan  passion, profession, vocation, dan mission maka bisa disebut kamu sudah menemukan Ikigai atau nilai hidup. Ketika kamu menjadi seorang penulis terkenal dengan ragam karya best seller, yang dapat menginspirasi dan memotivasi banyak orang untuk bisa hidup lebih baik atau menemukan jalan hidup bahkan menyelesaikan masalah yang sedang dialaminya. Maka, kamu dapat mewakili dirimu sebagai individu yang memiliki nilai untuk orang lain dan menjadi manfaat untuk banyak orang. Itu sebabnya kamu selalu bersemangat dalam menjalani hidup sehari-hari dan terus termotivasi bertahan hidup lebih lama, hal tsb dapat dikatakan adalah Ikigai. Karena ketika seseorang sudah menemukan Ikigai dalam hidupnya, maka sekeras apapun masalah yang datang, orang tsb akan terus bergerak untuk dapat maju, tanpa stressi, depresi, bahkan tidak merasa tertekan. (@miftaadi – ICT Sibara)
Sumber:
1.    https://www.idntimes.com/life/inspiration/melia-rosalina/ikigai-konsep-hidup-orang-jepang-dan-5-langkah-untuk-menemukannya-c1c2/full
2.    https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/your-life/apa-itu-ikigai/

Posting Komentar